Relationship Coach

Seminar Nikah

Saya ingin menampilkan sharing dari salah seorang mitra yang menjadi EO Seminar Nikah di Bandung. Mitra EO saya namanya Asri Fitriasari. Beken dengan panggilan Achi. Akun twitternya @achiisurachii . Semoga bermanfaat :)

seminar nikahHari ini alhamdulillah saya dan tim berhasil mengadakan#SeminarNikah bareng Om @noveldy di Hotel Anggrek. Alhamdulillah sukses dan penuh! Berawal dari keingintahuan saya tentang #SeminarNikah yang dibawakan Om @noveldy, dengan pede berat saya ngajak tim TakeOff EO untuk bikin di Bandung. Langsung mengajukan diri tanpa mikir dulu hehehehe. Cuma modal yakin kalau ilmu tentang #Menikah harus disebarluaskan ke banyak orang, apalagi di Bandung belum ada.

Saya & tim juga belum kebayang banget materi dan suasananya akan seperti apa. Apalagi selama perjalanan belum banyak  orang yang merasa begitu pentingnya untuk ikut ini. Kebanyakan orang  yang menanyakan tentang event ini hanya sebatas ingin ajah, bukan sebagai kebutuhan. Jadi gak banyak yang bela-belain untuk ikut. Padahal faktanyaaa…

100% pernikahan itu bermasalah! Penuh konflik! Percaya? Yaa gimana gak bermasalah, bayangin aja.. Dalam 1 rumah ada 2 kepala yang dibesarkan oleh 2 kepala, dan 2 kepala itu dibesarkan oleh 2 kepala lagi. Kebayang maksudnya apa? Yaap!! Rumahtangga itu dihuni oleh multiperson point of view.. Pasti ada gesekan! Pasti ada masalah. Naaaah, mayoritas dari kita (bahkan hampir semua) menganggap bahwa masalah dalam pernikahan itu bumbu yang tinggal dijalani aja! Padahal…

Kelaziman yang dijadikan kebenaran itulah yang jadi biang  masalahnya! Banyak dari kita menyiapkan lembaga sakral bernama pernikahan lebih banyak untuk hari H-nya saja alias untuk pestanya saja..  Padahal yang namanya pernikahan itu hari H setiap harinya. Persiapan dan perbekalannya harus cukup! Kita mau pergi ke ‘gunung’ bukan ‘mall’.

Setiap dari kita sekolah bertahun-tahun biar dapat kerja yang bagus, biar kariernya cemerlang, persiapannya panjaaaang untuk dapat gaji (setidaknya) 5jt/bulan. Setiap dari kita berjibaku ngumpulin duit buat ikut training pengembangan diri, training seminar dan pelatihan bisnis, tapi..

Sedikit bahkan gak ada dari kita yg menyisihkan uang utk mengupgrade kualitas pengetahuan kita tentang nikah! #jleb #nahloh. Ijazah SD, SMP, SMA, kuliah dikejaaaar habis-habisan untuk (ceritanya) bertahan hidup di masa depan, tapi ilmu nikah sama skali gak  minat untuk dikejar. Padahal helloooowwww! pernikahan itu pondasi dari semua urusan kita di dunia. Perkaranya dunia akhirat! Janjinya bukan sama Boss tapi sama Tuhan :)

Banyak banget dari kita ingin nikah tapi tanpa persiapan, bahkan yang sudah merasa siap pun belum tahu persiapan yang baik itu seperti apa. Pernikahan itu lomba lari marathon tweeps, bukan lomba lari sprint! Penting banget untuk disiapkan dan dipenuhi perbekalannya..

Teruuuus, apa aja dong yang harus disiapkan? Yah.. Gak ikut#SeminarNikah  sih tadiii.. Banyak banget yang dibahas! Rugi banget gak ikut 😛 Hehehehehe..

“Ah da saya mah masih lama mau nikahnya, belum butuh kokkk..” Sejak ikut seminar tadi saya pribadi malah ber-azzam, azzam-nya seperti ini… “Sedini mungkin anak hrs diajari #FaktaNikah dan cara menghadapi pernikahan, gak usah nunggu gede dulu..Pelan-pelan.. ” Persiapan nikah itu segunung cyiiin.. Harus dicicil dari sekarang. Jangan nunggu kalau udah mau nikah atau kalau udah nemu pasangan.. telat!

Semakin cepat kita tahu nikah itu apa dan kehidupan pascanya seperti apa, semakin tepat kita memilih pasangan. Beneran! Jadi yang harus disiapkan itu ilmu relationship-nya dulu baruuu deh menjalin relationship. Ini dulu, baru ituuuu..

#Nikah  itu kan tujuan hidup banyak orang yahh. Saya gak berani bilang semua orang, ada ajaa loh yang gak kepikiran nikah sama sekali.. Orang khan beda-beda.. Nah, kalau saya pribadi sih memandang itu #Nikah itu penting banget! Sekolah kehidupan paling pol! Tempat bertumbuh paling yahud :) Kalau memang kita pengen nikah, dan tau betapa pentingnya nikah, sudah sejauh mana waktu itu untuk concern ‘ngasi’ makan jiwaraga untuk urusan yang satu  ini?

Jangan-jangan kita termasuk orang yang ngikutin alur, niru ortu, atau ngejalanin apa yang kata orang bilang aja.. Wawww.. Bahaya kalau nikah modalnya begini :) Iyasiiih.. Nikah mah learning by doing. Iya banget. Masalahnya penuh kejutan dan termasuk unpredictable problem. Tiap pasangan punya  masalah yang beda juga.

Tapi.. Samalah kayak bisnis, ada pola sederhana yang banyak orang gak tau dan ngeh padahal itu kunci pernikahan barokah. Pernikahan itu gak mudah. Butuh kekuatan jiwaraga yang super untuk jalaninnya. Tapiiiii berita baiknya adalah pola suksesnya sederhana!

Cuma ya itu gak mudah! Berdarah-darah! Indahnya di awal doang, kesananya berjuang abis-abisan. Hayooo kalau sudah  gini, masih mau nikah ga? 😛 Kenapa gak mudah? Karena Nikah itu akar dari semuanya. Pondasi kehidupan banyak orang! Kehidupan pernikahan kita gak sehat, kualitas hidup kita juga gak sehat..

Banyak dari kita malu, gengsi, atau merasa belum pantes untuk belajar ttg Nikah.. Padahal ngapain malu? Ngapain gengsi? Kenapa harus ditunda-tunda? Saat ini edukasi tentang nikah masiiih amat sangat minim. Padahal kerasa gak pentingnya kayak gimana? Ngerasa gak kalau semua orang yang mau nikah harus belajar dulu?

AwesomeJujur-jujuran aja deh yah ini mah.. Saya juga banyak kecolongannya. Banyak ilmu yg miss yang belum saya tau tentang nikah.. #SeminarNikah hari ini benar-benar superrrrb! Beda banget dari apa yang saya bayangkan sebelumnya! Materinya unik! Benar-benar jleb, bikin hening, dan gubrak! Yang paling mencengangkan lagi ternyata pembicaranya bukan seorang psikolog! Benar-benar saksi hidup dari jatuh bangunnya membangun pernikahan.

Berdasarkan berbagai pengalaman dan survey yang cukup akurat, Om@noveldy membeberkan #FaktaNikah  yg wowwwwgak kepikiran sama sekali! Om @noveldy  membeberkan kelaziman kondisi pernikahan yang salah kaprah! Ternyata banyak dari kita memegang prinsip hidup pernikahan yang totally wrong!

Satu ruangan pas #SeminarNikah tadi sukses terhenyak dengan #FaktaNikah yang dibeberkan Om @noveldy. Termasuk saya & suami. Senyum-senyum geli berdua deh kitaa.. Banyak banget yang reaksinya, “oooohhhh gitu yaaa?” Dengan bentuk ‘O’ yang bulat sempurna! Speechless..

Info dan ilmu lebih lanjut harus banget ikut #SeminarNikah dan follow RELATIONSHIP COACH yang satu ini » @noveldy | supeeerrb!!!

Ingin ngobrol dengan saya? Follow saya di twitter: @noveldy

One Response on “Seminar Nikah

  1. cicie says:

    Kapan diadakan seminar nikah di kota malang? Jdi ingin dapat pengetahuan ttg kehidupan pernikahan..

Leave a Reply