Relationship Coach

Kiat memperbaiki hubungan: ANDA yang mulai terlebih dahulu, tidak harus berdua!

Don't waitSeringkali saat anda menyadari ada masalah hubungan dengan pasangan dan berniat untuk memperbaikinya, anda  ingin melakukannya berdua dengan pasangan, melakukannya bersama-sama. Namun ternyata hal ini tidak selalu berjalan dengan mulus. Tidak jarang pasangan anda ‘belum siap’ untuk melakukan perbaikan, melakukan introspeksi diri dan melakukan perubahan-perubahan yang dibutuhkan. Bahkan mungkin dalam prakteknya pasangan anda malah ‘menolak mentah-mentah’ gagasan untuk hal tersebut, termasuk diantaranya gagasan untuk melakukan konseling pernikahan.

Untuk memperbaiki hubungan dengan pasangan tidak harus dilakukan berdua, secara bersama-sama. Harus ada pihak yang berinisiatif untuk memperbaiki diri terlebih dulu. Kata kuncinya ada yang mulai!

Banyak yang berpikiran karena ini tentang hubungan, maka kedua belah pihak harus melakukannya secara bersama. Tidak harus! Jangan perfeksionis. Ambil inisiatif!

Banyak pula yang berpikiran, kenapa harus saya yg mulai duluan? Nah lho, kalau dua-duanya saling tunggu, terus kapan ada perbaikannya?

Sering juga terjadi hitungan-hitunganan dengan pasangan. Kalau saya sudah lakukan ini, maka dia juga harus melakukan hal yang sama dong! Lha, koq hubungannya jadi transaksional?

Banyak yang lupa dengan PRINSIP MEMBERI. Saat hubungan dengan pasangan sedang kurang baik, segera praktekkan prinsip memberi, bukan menuntut!

Salah satu hal yang bisa anda lakukan dalam prinsip memberi ini kita ambil inisiatif untuk melakukan introspeksi diri, lakukan perbaikan diri.

Tunjukkan kepada pasangan anda bahwa anda sadar saat ini sedang ada masalah & anda juga tunjukkan bahwa anda ingin memperbaikinya

Tunjukkan bahwa tujuan anda bukan ingin mencari siapa yang salah atau benar. Anda ingin keadaan jadi lebih membaik

Anda tunjukkan juga sikap bahwa anda ‘bertanggung jawab’ untuk memperbaiki keadaan ini. Anda sadar bahwa anda juga punya peran menyebabkan kondisi ini terjadi

Ingat,  “it takes two to tango!”  Dalam masalah hubungan dengan pasangan, sadarilah bahwa anda juga punya peran sehingga masalah tersebut timbul

Buang jauh-jauh pikiran bahwa hanya pasangan anda yang salah, yang bermasalah.  Sikap seperti ini tidak akan membawa perbaikan yang berarti.

Jadi, sekarang pilihan ada di tangan anda. Mau menyalahkan pasangan atau ambil sikap saya bertanggung jawab & saya akan memperbaiki hubungan ini.

Jadi, apa pilihan anda? Ingat, apa yang anda pilih akan memberi dampak yang besar pada kualitas hubungan anda dengan pasangan nantinya :)

Semoga artikel tentang kiat memperbaiki hubungan ini bisa bermanfaat buat anda.

Ingin ngobrol dengan saya? Follow saya di twitter: @noveldy

One Response on “Kiat memperbaiki hubungan: ANDA yang mulai terlebih dahulu, tidak harus berdua!

  1. andriany putri says:

    ”it takes two to tango!”  Dalam masalah hubungan dengan pasangan, sadarilah bahwa anda juga punya peran sehingga masalah tersebut timbul

    Like this quote so much,, makasi pak noveldy,, tulisannya sangat menginspirasi n memberi pencerahan,, alhamdulillah,, smg jadi amal jariah,,,

Leave a Reply